Al-Qur’an Digital Ver 3.2

Mencari software al-Qur’an yang sesuai kebutuhan kadang sulit. Sebenarnya software al-Qur’an banyak, bahkan yang dilengkapi dengan tafsirnya pun banyak.

Namun, dalam beberapa kasus saya sendiri lebih enak dan pas ketika mengetik arab dan al-Qur’an menggunakan software Al-Qur’an Digital versi 3.2 buatan Kang Sony Sugema 2004. selain praktis menemani kegiatan mengetik arab, juga memiliki fasilitas yang lebih komplit dibanding versi sebelumnya.

Beberapa hal yang cukup membuat saya lama menggunakan software ini di antaranya:

  1. Memiliki fasilitas pencarian ayat berbasis bahasa Arab, Indonesia bahkan Inggris, sehingga untuk mencari tema tertentu lebih mudah.
  2. Memiliki fasilitas untuk dicopy paste ayat maupun terjemah dalam format teks, sehingga memudahkan untuk pengeditan, versi sebelumnya 2.0 tidak memiliki fasilitas ini.
  3. Memiliki fasilitas pembelajaran Ilmu Tajwid bagi yang awam sekalipun akan lebih mengena.
  4. Memiliki fasilitas listen (mendengarkan lantunan ayat-ayat al-Qur’an, baik perayat maupun berkelanjutan).

Bagi temen-teman yang kesulitan mendapat software ini sebenarnya tinggal tanya Mbah Google aja. Kebetulan saya berkesempatan mendapat linknya, silahkan mendownload sendiri di sini, lumayan ukurannya agak besar, hampir 500MB dalam ukuran jadi. Kalau anda mengunduh formatnya .rar jadi lebih kecil. Atau silahkan download di sini tanpa MP3.
Selamat mencoba…

7 thoughts on “Al-Qur’an Digital Ver 3.2

  1. assalamu’alaikum wr.wb.
    melalui media ini saya ingin bertanya kepada sobat. Pada saya meng instal DQ di leptop ayat-ayat al-qur’an tidak tampil pada layar dekstop hanya terjemahannya saja. mohon penjelasan dari sobat. trimksh.wassalam

  2. assalamu’alaikum wr.wb.
    melalui media ini saya ingin bertanya kepada sobat. Saya meng instal DQ di leptop namun ayat-ayat al-qur’an tidak tampil pada layar dekstop hanya terjemahannya saja. mohon penjelasan dari sobat. trimksh.wassalam

Leave a comment